Doa Untuk Papua

9 Februari 2023, Nawak Ekonom doa terbaik untuk seluruh masyarakat yang terdampak dan korban Gempa Papua.

Informasi Gempa Bumi

Gempa bumi terjadi pada hari Kamis, 9 Februari 2023, pukul 13:28:02 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi pusat gempa bumi terletak di pesisir pantai Jayapura pada koordinat 140,66°BT dan 2,60° LS, berjarak 1 km barat daya Kota Jayapura, dengan magnitudo (M5,4) pada kedalaman 10 km. Menurut data The United States Geological Survey (USGS) Amerika Serikat, lokasi pusat gempa bumi terletak pada koordinat 140,557° BT dan 2,635° LS dengan magnitudo (M5,1) pada kedalaman 22 km. Berdasarkan data dari GeoForschungsZentrum (GFZ), Jerman, lokasi pusat gempa bumi berada pada koordinat 140,63° BT dan 2,48° LS, dengan magnitudo (M5,1) pada kedalaman 10 km. Sebelumnya, wilayah ini juga telah dilanda gempa bumi merusak pada tanggal 2 januari 2023 dengan magnitudo M5.4 yang berjarak 19 km timur laut Kota Jayapura.

Kondisi Geologi dan Penyebab Gempa Bumi

Kota Jayapura yang terletak dekat dengan lokasi pusat gempa bumi tersusun oleh morfologi dataran hingga dataran bergelombang, dan pada bagian selatan merupakan perbukitan bergelombang hingga terjal. Wilayah ini pada umumnya tersusun oleh batuan berumur Pra Tersier berupa batuan metamorf, batuan berumur Tersier (batuan sedimen, batugamping), dan endapan Kuarter berupa endapan pantai, endapan sungai dan endapan rawa. Sebagian batuan berumur Pra Tersier dan Tersier tersebut telah mengalami pelapukan. Endapan Kuarter, batuan batuan berumur Pra Tersier dan Tersier yang telah mengalami pelapukan pada umumnya bersifat lunak, lepas, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek guncangan, sehingga rawan gempa bumi.

Berdasarkan posisi lokasi pusat gempa bumi, kedalaman dan data mekanisme sumber dari InaTEWS-BMKG dan GFZ Jerman, maka kejadian gempa bumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktivitas sesar aktif berarah timur-barat.

Dampak Gempa Bumi

Hingga laporan ini dibuat, menurut informasi dari PUSDALOPS BNPB pukul 15.00 WIB, kejadian gempa bumi tersebut telah mengakibatkan terjadinya bencana, yaitu 4 orang meninggal dunia (masih dalam pendataan) dan kerugian material (1 unit ruko roboh, 1 unit RSUD terdampak (masih dalam Pendataan, 1 Unit Mesjid terdampak).  Menurut data BMKG guncangan gempa bumi dirasakan di Kota Jayapura pada skala intensitas V MMI (Modified Mercally Intensity). Menurut data Badan Geologi, sebaran permukiman penduduk yang terlanda guncangan gempa bumi terletak pada Kawasan Rawan Bencana (KRB) gempa bumi menengah hingga tinggi. Kejadian gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami karena episentrum berada di darat.

Doa Untuk Papua
Tagged on: